Wajan

Wajan-Kuali

Wajan

Dalam bahasa Inggris dan di Dunia Barat pada umumnya dikenal sebagai wok yang berasal dari Bahasa Kanton. Dalam bahasa Tionghoa disebut chǎo guō (炒鍋)

Wajan merupakan alat terpenting dalam memasak masakan Tionghoa. Sejak periode Dinasti Han, wajan dibuat dari bijih besi. Ia memiliki dasar yang cekung atau rata dan digunakan untuk menggoreng, merebus, mengukus, memanggang dan menumis.

Dalam Bahasa Indonesia disebut: Penggorengan, kuali, atau wajan, adalah alat memasak terbuat dari baja atau logam lain yang diletakkan di atas kompor atau tungku dan digunakan untuk wadah makanan yang akan diolah.

Kata "wajan" berasal dari kata waja yang dalam bahasa Jawa berarti "baja" atau "besi". Penggunaannya terutama di Pulau Jawa dan di Jakarta. Di daerah lainnya istilah Melayu, kuali lebih umum. Di Jawa, kata "kuali" (bahasa Jawa: kwali) lebih merujuk ke wadah serupa panci namun terbuat dari tanah liat.

Agar wajan tidak mudah lengket dan berkarat, perlu dilakukan pelapisan terlebih dahulu dengan menggunakan minyak atau lemak padat.



Si Mbok mengulek giling dadar,
meletak wajan mencari talam;
Elok golek bergulung gebar,
dampak hujan sedari malam.


Atok Jantan

Di Sumatera Utara dan SUmatera umumnya, lebih sering disebut KUALI

Tumbuhan Paku (Pteridophyta)
Kasih Ibu Dalam Lagu
 

Comments

No comments made yet. Be the first to submit a comment
Already Registered? Login Here
Guest
Monday, 05 December 2022
If you'd like to register, please fill in the username, password and name fields.

By accepting you will be accessing a service provided by a third-party external to https://pantun-kelok.com/