Ikan Terubuk di Labuhanbatu

Ikan-terubuk

Ikan Terubuk

Ikan terubuk bernama ilmiah: Tenualosa macrura dan Tenuolosa Illisha merupakan ikan pelagis kecil dari famili Clupeidae sebagai dua dari lima spesies yang dijumpai di dunia. Penghuni perairan estuarin (dekat dengan muara sungai/ perairan transisi antara air laut dan sungai) sebagai sumber daya ikan yang dapat diperbaharui dengan dimanfaatkan daging dan telurnya. Menjadi primadona serta kebanggaan indonesia, khususnya di wilayah Riau karena memiliki nilai ekonomis tinggi terutama telurnya dengan wilayah habitat hidupnya spesifik sehingga harus dikelola serta dimanfaatkan secara lestari untuk keberlanjutan dan keberadaannya.

Salah satu Prioritas Konservasi Jenis Ikan dengan Jangka Waktu 2015 – 2019, Ikan Terubuk termasuk jenis ikan yang melakukan pemijahan sepanjang tahun di sekitar muara Sungai Siak dan Labuan Bilik, Sumatera Utara bisa menghasilkan 60-200 ribu sekali bertelur dengan memiliki Pola hidup yang cukup unik yakni ikan terubuk besar hidup di laut, namun saat pemijahan berpindah/migrasi ke muara untuk memijah, setelah anak terubuk berumur 30 hari, ikan terubuk kecil akan ke laut dan kembali lagi ke muara untuk memijah seperti induk mereka lakukan, selain itu mempunyai ikan terubuk memiliki sifat hermaprodit proandri atau berjenis kelamin ganda yang menjalani siklus hidup dalam waktu kurang dari dua tahun (18 bulan). Pada tahun pertama kehidupannya akan dilalui sebagai jantan (disebut pias/pale) dan pada tahun kedua akan berganti kelamin menjadi betina (sebagai terubuk).

Kondisi populasi ikan terubuk sekarang mengalami penurunan, hal tersebut dimungkinkan karena: a. Data tentang status populasi ikan belum diketahui secara pasti, b. Penangkapan dengan mengunakan alat yang tidak selektif, c. Penangkapan di muara saat memijah, karena nilai harga jual telur ikan terubuk yang tinggi menjadi daya tarik masyarakat untuk menangkap, namun potensi 60-200 ribu akan hilang dan mengancam populasi dan kelestarian d. Penangkapan ikan yang berlebih (Over Fishing) saat ikan beruaya atau mencari makan.

Mari berembuk pikat wisata,
rentak dan lagu menjadi satu;
Enaknya terubuk tidak terkata,
banyak menunggu di Labuhanbatu.

Yerni Arief, 2021

Ikan Terubuk merupakan kuliner khas daerah Labuhan Bilik Sumatera Utara

Kampel, Makanan Cepat Saji Dari Banyumas, Jawa Ten...
GUNUNG SELAMAT (SLAMET), Banyumas, Jawa Tengah-Ind...
 

Comments

No comments made yet. Be the first to submit a comment
Already Registered? Login Here
Guest
Monday, 05 December 2022
If you'd like to register, please fill in the username, password and name fields.

By accepting you will be accessing a service provided by a third-party external to https://pantun-kelok.com/